Hari Pertama Pasca Lebaran Dinas PUPR Kab. Tanggamus Mengadakan Acara halal Bil Halal

June 25, 2018

Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanggamus melakukan apel sekaligus acara ramah tamah dan halal bihalal setelah libur panjang hari Lebaran Idul Fitri kembali bekerja sama mengadakan Pelatihan Bimbingan Teknis Perkerasan Jalan pada Senin, (16/6) hingga Rabu (18/6) 2014 di Auditorium Gedung Pascasarjana, Kampus B UBL. Bimbingan Teknis ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya diadakan, sebelumnya pada tahun 2010. Kegiatan ini turut dihadiri Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA.,Kepala Dinas PU Kabupaten Tanggamus, Ir. Muchlis Basri, M.T., Para Dekan, Kaprodi, Dosen UBL dan para peserta bimbingan teknis perkerasan jalan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan membentuk motivasi bagi peserta untuk menciptakan sebuah infrastruktur yang lebih baik di masa mendatang. Demikian ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan, Ir. Lilies Widojoko, M.T.,

“Saya bersyukur kepada Tuhan YME, berkat ijinnya Kegiatan ini dapat terlaksana. Saya sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan ini mengucapkan selamat datang kepada para peserta yang hadir pada kegiatan bimbingan teknis tahun ini. Kegiatan ini sudah yang kedua kalinya diadakan, yang pertama diadakan pada bulan November 2010. Pelatihan ini dihadiri sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari Dinas PU Kabupaten Tanggamus selama 4 hari mulai dari tanggal 16 Juni hingga 18 Juni 2014,” Tutur Liliies

Lilies menambahkan selain memberikan inspirasi dan motivasi bagi para peserta, pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan sebuah kemajuan dalam pembangunan infrastruktur. Hal ini berlandaskan pada infrastruktur yang dihasilkan pada jaman sebelum millennium ke 21. Sebagai bahan perbandingannya Negara Amerika Serikat (USA) mampu membangun Terusan Panama yang memotong Amerika Utara dengan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Altantik dan Samudra Pasifik. Pembangunan ini dilakukan dengan teknologi yang belum modern seperti sekarang. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan bimbingan teknis ini para peserta mampu menciptakan sebuah infrastruktur yang baik dan berkualitas dan tentunya ditunjang dengan teknologi yang modern.

“Semoga Pelatihan ini memberikan manfaat bagi kemajuan infrastruktur jalan di Propinsi Tanggamus sehingga dapat memacu kelancaran jalannya roda perekonomian di sana,” terangnya

Selanjutnya, Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf Sulfarano Barusman, MBA.,  mengungkapkan rasa syukur atas diadakannya kegiatan ini. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk kemajuan infrastruktur di bidang jalan raya dan tak luput pula menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus yang telah bekerja sama dengan Laboratorium Teknik Sipil UBL untuk melakukan Bimbingan Teknis di bidang perkerasan jalan.

Bimbingan Teknis ini merupakan salah satu bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi  yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada Masyarakat. Jadi, UBL tidak hanya fokus pada bidang pengajaran saja tetapi juga ikut dalam riset sehingga membantu pegembangan pengetahuan terutama di bidang infrastruktur jalan.

“UBL selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada daerah Propinsi Lampung. Hal ini ditandai dengan dibentuknya Pusat Studi Kota dan Daerah (PSKD). Pusat Studi Kota dan Daerah ini merupakan satu – satunya di Propinsi Lampung dan baru – baru ini UBL juga telah mendirikan Pusat Studi Gempa dan Tsunami. Daerah pesisir Propinsi Lampung terutama Kabupaten Tanggamus dan Kabupaten Lampung Barat, rencana kedepan UBL pun akan membangun Laboratorium Gempa dan Tsunami, hal ini dilakukan untuk meminimalisir dampak dari gempa dan gelombang tsunami,” terang Rektor UBL.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Tanggamus, H. Bambang Kurniawan, S.T yang pada kesempatan ini diwakilki oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tanggamus Ir. Muchlis Basri, M.T., menyampaikan permohonan maaf kepada pihak peserta pelatihan bimbingan teknis perkerasan jalan dikarenakan tidak bisa hadir dalam kegiatan pelatihan ini. Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Tanggamus sangat mendukung kegiatan pelatihan ini. Pelatihan ini merupakan sarana peningkatan kualitas sumber daya manusia (sdm) terutama dalam bidang infrastruktur jalan.

Pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal yang sangat sensitif. Melalui jalan raya semua aspek dapat terhubung. Dengan membuka daerah – daerah yang terisolir maka roda perekonomian sebuah daerah akan maju seiring dengan peningkatan pembangunan di bidang ekonominya.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Tanggamus, saya mengucapkan apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya atas terlaksananya kegiatan pelatihan bimbingan teknis perkerasan jalan sehingga teori dan praktek yang didapatkan pada pelatihan ini mampu berguna untuk kemajuan infrastruktur terutama jalan raya di Propinsi Kabupaten Tanggamus,” pungkasnya.

Leave a Reply:

Your email address will not be published. Required fields are marked *